Jumat, 05 April 2019

KARYA

ESAI MARJUDIN SUAEB

Alam Puisi

Apakah kita pernah membayangkan bahwa PUISI itu sebagai sebuah alam. Bila saja puisi itu semacam alam maka bisa kita bedakan ke dalam berbagai tingkatan.

Pertama, tingkat alam benda. Di tingkat ini ada pada tataran kata kalimat yang sudah bisa mewakili maksud.

 Kedua, tingkat tumbuh-tumbuhan. Di tingkat ini sang subyek mengasosiasi diri sebagai tumbuh-tumbuhan sesuai dengan tingkat dan perilaku hidup tumbuh-tumbuhan.

Ketiga, tingkat manusia. Di tingkat ini sang subyek mengasosiasi dengan perilaku hidup dan kehidupan dengan segala laku nafsu dan cita-cita keluhurannya

Keempat, alam Ruh. Di tingkat ini puisi memperlihatkan perilaku alam ruhani batin manusia. Namun bisa juga alam ruh dunia gaib dengan segala perilaku kehidupannya. Alam keempat ini juga merupakan alam ideal yang maha segala atau alam ketuhanan yang Maha Tak Terbatas.

Kesemuanya ini bisa terlahirkan liwat PUISI yang terlahir oleh PENYAIR. Ini hanya salah satu bagian saja dari unsur puitika. Demikian, kiranya bisa menjadi pedoman... ..

(kalau sekiranya tidak jelas, silakan ambil kaca kemudian tanya pada yang di hadapanya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  K A R Y A     AHMAD MALIKI MASHAR     Suluh Penyuluh   Mulut berbisa mengurut luka Menepuk dada tersuruk bangga Berlulur s...